Home » , » Waspadai Asap Rokok, Ini Bahayanya

Waspadai Asap Rokok, Ini Bahayanya


Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan ada jutaan orang yang menderita akibat terkena asap rokok atau menjadi perokok pasif.
"Saat ini 6,2 juta perempuan terdampak asap rokok. Selain itu 11,4 juta balita terganggu paru-parunya akibat asap rokok sehingga jutaan orang memang menderita akibat rokok," kata Nafsiah Mboi di sela-sela pemberian penghargaan oleh Citi Indonesia Women Council (IWC) kepada sejumlah perawat.
Dia menegaskan seseorang boleh saja merokok dan membayar pengobatan atas penyakit yang muncul di kemudian hari akibat merokok. Namun dia mengingatkan para perokok untuk menghormati keberadaan orang yang tidak merokok.
Dia juga meminta seluruh pihak, khususnya perempuan yang tidak merokok, untuk berani menyuarakan hak-haknya mendapatkan derajat kesehatan tertinggi.
"Kalau ada yang merokok di dalam kendaraan, bilang 'stop'. Percuma pendidikan tinggi kalau tidak berani bilang menolak menjadi perokok pasif," kata dia.
Dia mengingatkan biaya pengobatan penyakit akibat merokok antara lain kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, serangan jantung dan lain sebagainya telah mencapai angka Rp 2,1 triliun. Jumlah itu belum ditambah dengan biaya yang sebelumnya dikeluarkan untuk membeli rokok.
"Sehingga sebaiknya percayalah pesan yang diberikan papan-papan peringatan merokok. Lagi pula orang yang merokok cenderung tidak produktif, karena lebih banyak membuang-buang waktu bekerjanya dengan kegiatan merokok," ujar dia.
sumber: republika.co.id
Share this article :


 
Support : Terdepan | Menebar | Manfaat
Copyright © 2013. FKDF Unpad - All Rights Reserved
Template Created by Departemen Syiar Media Islam Modified by Rumah Desain
Proudly powered by Blogger